Download Contoh Format Checklist Skala Capaian Perkembangan PAUD Lengkap 2017

Assalaamu'alaikum, pada kesempatan postingan kali ini kami bagikan tentang Contoh Format checklist skala capaian perkembangan atau rating scale merupakan checklist yang diturunkan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) yang memuat indikator pencapaian perkembangan anak yang sudah ditetapkan sebelumnya dan indikator tersebut sudah tercantum di dalam RPPH.

Skala Capaian Perkembangan merupakan salah satu dari tiga teknik penilaian harian PAUD (selain dengan menggunakan Catatan Hasil Karya dan Catatan Anekdot PAUD).

Download Contoh Format Checklist Skala Capaian Perkembangan PAUD Lengkap 2017

Cara Membuat Checklist Skala Capaian Perkembangan PAUD

Untuk membuat skala capaian perkembangan (rating scale) Ibu dan Bapak Guru harus membuat Rencana Kegiatan Harian (RKH = RPPH) Kurikulum PAUD 2013. Pada RPPH tersebut telah ditentukan pula rancangan penilaian yang akan dilakukan. Didalam RPPH tersebut terdapat indikator pencapaian perkembangan yang akan dijadikan instrumen penilaian dalam bentuk ceklis..

Catatan: Ceklis dapat dibuat per anak dalam satu periode tertentu, atau dapat pula dibuat per periode dengan mencatat nama semua anak

Selanjutnya jika capaian perkembangan sudah didapatkan, Ibu dan Bapak membuat tabel yang memuat kolom nomor, indikator penilaian, dan juga nama anak yang dinilai. Untuk jumlah baris menyesuaikan kebutuhan saja, untuk lebih jelasnya silahkan unduh pada link dibawah ini :




Keterangan:
Indikator dalam format sesuai dengan tercantum dalam RPPH 
Setiap anak diukur ketercapaian perkembangannya sesuai dengan indikatornya.
Kolom pencapaian perkembangan diisi dengan kategori 1 (BB), 2 (MB), 3 (BSH), dan 4 (BSB).
  • (BB) artinya Belum Berkembang: bila anak melakukannya harus dengan bimbingan atau dicontohkan oleh guru;
  • (MB) artinya Mulai Berkembang: bila anak melakukannya masih harus diingatkan atau dibantu oleh guru;
  • (BSH) artinya Berkembang Sesuai Harapan: bila anak sudah dapat melakukannya secara mandiri dan konsisten tanpa harus diingatkan atau dicontohkan oleh guru;
  • (BSB) artinya Berkembang Sangat Baik: bila anak sudah dapat melakukannya secara mandiri dan sudah dapat membantu temannya yang belum mencapai kemampuan sesuai indikator yang diharapkan.
  • Contoh perilaku anak pada tingkat kemampuan “berdoa sebelum belajar”:
  • (BB) : Bila anak berdoa sebelum belajar baik lafal doa maupun sikapnya masih harus mendapatkan bimbingan dan atau dicontohkan oleh guru
  • (MB): Bila anak berdoa sebelum belajar baik lafal doa maupun sikapnya masih harus diingatkan oleh guru: ”Nia, kita berdoa dulu. Bagaimana sikap berdoanya?”
  • (BSH): Bila anak berdoa baik lafal doa maupun sikapnya sudah dimunculkan secara utuh, mandiri dan konsisten tanpa harus diingatkan oleh guru lagi.
  • (BSB): Bila anak berdoa baik lafal doa maupun sikapnya sudah dimunculkan secara utuh, mandiri, dan konsisten serta dapat mengingatkan temannya.


Demikian yang dapat kami bagikan tentang Contoh Format Checklist Skala Capaian Perkembangan PAUD, Semoga bermanfa'at dan bisa membantu Ibu dan Bapak dalam melaksanakan tugas disekolah masing-masing. Silahkan share kembali. Salam Pendidikan.


Sumber : http://paudjateng.xahzgs.com/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Download Contoh Format Checklist Skala Capaian Perkembangan PAUD Lengkap 2017"

Posting Komentar